Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Pulau Condong Bandar Lampung

Di awal postingan, Semoga bulu kuduk lo nggak merinding denger cerita gue yang satu ini, jangan sendirian membaca postingan ini, takutnya apa gue ceritain tiba-tiba muncul di depan monitor lo. Kecuali lo udah punya ajian pamungkas buat menepis ketakutan lo..

Oke. mari kita mulai. Di awal cerita siap-siap untuk melihat penampakan yang satu ini... (klik disini)

Nah, semoga foto di atas nggak bikin lo takut. Jadi intinya gue cerita kepenasaran gue tentang Pulau Condong yang berada di Lampung Selatan ini. Gue sebelumnya pernah singgah ke Pulau ini tanpa sengaja dengan waktu yang mepet. Informasi sebelumnya yang gue dapet Pulau ini bernama Pulau Tarahan padahal yang sebenarnya Pulau Condong, maka gue putusin buat dateng lagi ke pulau ini biar puas dan bisa mengeksplore semuanya.

Bentuk pulaunya mirip mangkok terbalik, berada tidak jauh dari kawasan Pasir Putih Bandar Lampung sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Bakauheni dan butuh waktu untuk menyeberang sekitar 20 menit saja dari Pantai Pasir Putih. Di sekitarnya ada 2 pulau pribadi yang tidak sembarang orang masuk kesana, namanya Pulau Bule dan Pulau Pimping.

Hasil googling di internet dapet info yang bikin gue makin penasaran kepengen kesana, bahwa Pulau ini dikenal dengan 3 nama yaitu Pulau Condong, Monkey Island dan Pulau Hantu.

Terinspirasi dari film Scooby Doo gue penasaran seseram apa sih hantunya, dan memecahkan mistery tentang Pulau Hantu ini. Lets anggaplah gue berperan sebagai Fred, dibantu oleh Velma yang doyan masak lalu Dephne yang bantuin Velma. Sementara pemeran utamanya Shagy dan Scooby siapa aja yang mau silahkan ambil peran, dan sisanya anggaplah pemain figuran.

Penelusuran Dimulai
- Cari informasi sebanyak-banyaknya lalu tampung dalam kantong
- Siapin mental dan jampi-jampi
- Lalu siapkan plan buku catatan untuk mencatat setiap kronologis.

Informasi pertama yang bikin gue penasaran adalah jalan menuju ke puncak bukit, dari info ada di sebelah goa yang berada di sebelah Barat Pulau Condong dan ternyata jalanannya terjal dan berbukit dengan jalan setapak.

Bangunan Kuburannya terlihat masih baru

Bukti-bukti keganjilan.
  1. Gue nemuin 3 buah kuburan yang dililit sama kain kafan di puncak bukit, kenapa ada kuburan disitu padahal tidak ada penghuni di pulau.
  2. Temen gue ngeliat ada cahaya-cahaya seliweran mengelilingi tenda
  3. Saat gue tanya di warung di pasir putih itu kuburan siapa, dia bilang itu kuburan sudah sejak dulu ada padahal gue liat sendiri di kuburannya ada tulisan tahun 2010.
  4. Banyak bangunan-bangunan permanen yang ditinggalin gitu aja tak terawat juga ada bangunan joglo yang sudah tidak terawat. Ada apa ? padahal antusuasme penduduk yang ke Pulau itu begitu besar.
  5. Gue nangkep seolah-olah ada yang ditutup-tutupi warga di pulau ini.

Cerita-cerita dari internet.
  1. Ada kelebatan putih dan penampakan perempuan baju putih dia mati dengan tragis di pulau ini dengan cara bunuh diri. Penampakan tersebut sempat tertangkap kamera.
  2. Ada kegaduhan atau suara-suara nyanyian di malam hari, padahal disana tidak berpenduduk kecuali sepasang kakek nenek penjaga warung.

Tips kalo mau ke Pulau Condong
  1. Sediain tenda anti peluru eh anti ujan maksudnya biar gak repot kalo seketika turun hujan
  2. Bawa air mineral yang banyak, karena mata air disana rasanya payau atau asin. Jangan sampe kaya gue bikin teh rasa gula dan garam.
  3. Jaga pola makan biar gak sakit perut, disana susah toilet, sekali ke toilet bayar Rp. 3.000,-
  4. Selalu bersama tim jangan ampe mencar-mencar
  5. Bawa alat snorkeling dan kamera underwater untuk mengabadikan keindahan terumbu karangnya.
  6. Hati-hati saat sedang berenang banyak ubur-ubur dan bulu babinya.

view Pulau Condong

Misterinya belum terungkap.. Gue harus kesana lagi suatu saat.. to be continue....Siapa yang mau nemenin gue ?

"Kalo ditanya tentang pulaunya rekomended lah murah meriah, uniknya dalam satu pulau lo bisa nikmatin semuanya. Sebelah barat ada goa dan pantainya berombak, sebelah utara dengan hamparan pasir putihnya, sebelah timur ada hamparan terumbu karang yang eksotis, sebelah selatannya dapat nikmatin tebing yang lo bisa pake buat belajar panjat memanjat"

-------------- DOWNLOAD ITINERARY DAN PERINCIAN BIAYA -----------

10 komentar untuk "Misteri Pulau Condong Bandar Lampung"

  1. beuuu..kenafa berasa horor ginih sayah bacanya??? penasaran juga siih tp takut ah...hehehe

    BalasHapus
  2. @Ririn : Ayolah.. tenang ada Aa, gak usah takut gitu. hahaha

    BalasHapus
  3. sorry gan ikutan coment...
    gw perkenalkan diri dulu yah..
    gw ini seorang warga lampung selatan, yg rumah gw pun deket bgt am pasir putih + pulau condong nya,,
    ntah gw dusun atau gx gauuull yah... kq gw tau kl pulau itu horor malah dr agan yah...
    tr lah gw cari2 info jg deh,,,

    BalasHapus
  4. Salam, ternyata yg mengulas pulau ini horor bukan saya aja, nih ada juga..
    https://www.mail-archive.com/indobackpacker@yahoogroups.com/msg19379.html

    BalasHapus
  5. Kalau kesana lagi ajak ya 😁

    BalasHapus
  6. Hallloooo, nama saya Peggy Sijnja dan pernah tinggal di pulau itu selama 2 th saat weekend, rumah joglo saya yg angun untuk peristirahatan setelah sibuk kerja di Jakarta, yg ada resto yg saya bangun disana, sumur dengan air payau saya juga yg ngebor.... Selama saya ada disana tidak pernah ada yg aneh2 atau berbau horor.... Jadi...... Cerita itu hanya ada di pikiranmu. Orang2 lama disana pasti tau siapa saya. terima kasih.


    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak, saya warga lokal yang tinggal di pasir putih sejak 1994, dan memang benar setahu saya tidak ada hal - hal aneh yang berbau horror di pulau itu. Mengenai banyak rumah yang tidak ditinggali, itu memang biasanya penduduk jualan di siang hari dan pulang ke daratan saat sore. Mengenai bangunan joglo (kami sebut villa) memang setahu saya milik seseorang yang sengaja bangun untuk beristirahat.

      Hapus
  7. ayoklah, gue juga pengen kesana lagi

    BalasHapus
  8. Hai..Kayak nya cerita nya gada yg bener deh..Gw tau banget isi pulau ini apa..karna kebetulan pemilik pulau adalah nenek moyang gw..Keluarga gw udah kesana semenjak menuju pulau ini pake perahu kayuh. Udah 4 keturunan keluarga kita bolak balik kesitu dan kita tau isi pulau itu gimana aja.
    Ini klarifikasi gw
    1.Kuburan / Makam dengan kain kafan
    Itu bukan kuburan gw ga tau knp ada kain kafan disitu..yg jelas sekitar th 70 - 90an wkt gw bolak balik.kesitu gada yg di kubur disitu.
    2.Rumah Joglo
    Rumah Joglo yg kosong itu udah generasi ke 4 yang di buat disitu ( sebelumnya keluarga gw sempet buat supermarket,rumah tinggal.dan kamar mandi,juga musholla dan warung2 makan gitu,pos karcis ) karna waktu itu pernah ada investor yg buat cottage disitu ,cuma krn abis kontrak..malahnya di tinggalin begitu aja jadi wajar kalo keliatan agak hororr gitu tapi gw jamin aman gada sosok ape2 disitu..
    3.Keluarga manusia penunggu pulau namanya keluarga Pa Panut..dia tinggal disitu sampe punya sekitar 5 dan mereka skrg udah ga tinggal disitu..karna sudah
    kembali ke peradaban,alias sudah berbaur krn anak mereka sudah pada menikah
    4.Orang2 skrg yang tinggal disitu cuma penunggu 2 baru yang disuru uwa gw buat bersih2 sama narikin karcis pengunjung..dan mereka ga tau apa2 tentang sejarah pulau itu
    5.Jaman gw SMA olahraga gw kalo lagi kesana tuh gw keliling pulau lewat jalan darat,dan.aman2 aja tuh gada yg aneh
    6.Cerita yang gw tau dari nenek.moyang gw adalah benar disitu ada kerjaan mistis yang di kuasai oleh seorang Perempuan yang menjadi nama pulau itu yaitu."Dewi Indah" tapi itu makhluk baik dan ga pernah menampakkan diri..

    BalasHapus

Hi, boleh bertukar informasi, maupun masukan di kolom komentar di bawah ini ya, terimakasih.